Dari manajemen rumah sakit ke manajemen pabrik kerupuk kulit

13 07 2011


Supandi, Amd adalah salah satu alumnus prodi Manajemen Pelayanan Rumah Sakit angkatan ke – II. Beliau lulus dari prodi Manajemen Pelayanan Rumah Sakit pada tahun 2003. Supandi menjadi salah satu pengusaha sukses yang bergerak di bidang kuliner yaitu kerupuk kulit.  Usaha ini ditekuninya sejak  masih berada di bangku kuliah yang berawal dari usaha kecil-kecilan hingga menjadi sukses seperti saat ini.

Lulusan Ahli Madya Manajemen Pelayanan Rumah Sakit yang satu  ini bisa terbilang unik, karena beliau tidak pernah merasakan bekerja di sebuah rumah sakit kecuali pada saat  magang di RSUD Pasar Rebo.

Supandi sendiri menegaskan bahwa ia bukan tidak ingin bekerja di rumah sakit,  beliau bangga menjadi seorang Ahli Madya Manajemen Pelayanan Rumah Sakit STIKes MH.Thamrin.

“ Saya kuliah di Prodi Manajemen Pelayanan Rumah Sakit tidak hanya belajar me-manage apa yang ada di rumah sakit. Pada saat saya kuliah, saya telah mendirikan usaha kerupuk kulit ini dan hasilnya tidak jauh  berbeda ketika kita me-manage sebuah pabrik kerupuk dengan me-manage sebuah  pelayanan yang ada di rumah sakit. Saya menerapkan cara memasarkan produk, mengelola karyawan,  serta mengolah alur masuknya pendapatan usaha saya. Saya dapat melakukan itu karena saya dapat semua ilmu di Prodi Manajemen Pelayanan Rumah Sakit. Apa yang ada ketika seorang manajer unit sebuah rumah sakit mengelola sebuah unit tertentu, saya aplikasikan di usaha saya, dan hasilnya saya bisa menjalankan sebuah usaha dengan baik dan berkembang seperti sekarang in”

Beliau juga masih mengingat kata-kata salah satu dosen yang ia sangat panuti, yang menjadikan motifasinya dalam menjalankan usuahanya bahwa  kesuksesan itu datang ketika kita dapat me-manage diri kita sendiri terlebih dahulu, sebelum me-manage sesuatu dan kita juga harus menjalankansegala sesuatu harus dengan penuh keseriusan tanpa menjalankan setengah – setengah.

” Begitu kira-kira yang masih saya ingat apa yang dosen katakan kepada mahasiswanya ketika saya masih di bangku kuliah “ ujar lelaki dari tiga bersaudara ini

Disamping itu ia menegaskan kepada penulis, bahwa seorang mahasiswa/i prodi Manjemen Pelayanan Rumah Sakit,   harus berpikir kreatif dan selalu mengasah kemampuan yang ada, agar ketika kelak lulus nanti kita dapat menjadi lulusan yang multi talent dan siap dengan keadaan dunia kerja yang semakin sulit yang ada di Indonesia. (TS, 2011)

Kegiatan produksi kerupuk kulit “Semar” di pabrik.

Contact Person CV. SEMAR Kerupuk Kulit : 0812 9388 172 (Supandi)


Actions

Information

Leave a Reply

